Apa Itu JJM, JJM KTSP dan JJM Linier di Dapodik? |
expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 10 Maret 2013

Apa Itu JJM, JJM KTSP dan JJM Linier di Dapodik?

Bagi guru atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) telah melakukan pengecekan datanya di data pokok pendidikan (Dapodik) pasti sudah tahu JJM. Cek Data PTK Online ini untuk memastikan data guru yang sudah terkirim valid atau masih ada kesalahan. Data diinput dan dikirim sendiri oleh sekolahan (opertaor) masing-masing melalui Aplikasi Pendataan Pendidikan ke server pusat Dapodik secara online.

Setelah login ke P2TK Dikdas guru atau PTK akan melihat data-datanya nomor 0 sampai 20. Data inilah yang nantinya akan dijadikan dasar penerbitan SK Tunjangan Profesi atau juga dikenal dengan SK Dirjen. Jika ada data yang fatal (salah) akan berakibat pada penerimaan Tunjangan Profesi. Khususnya data nomor 17 yaitu Kode Bidang Studi Sertifikasi dan nomor 20 yaitu Total Jam Mengajar Sesuai.

Total Jam Mengajar Sesuai atau JJM sesuai terdapat rincian, yaitu;
1. JJM adalah Jumlah Jam Mengajar, data ini berasal dari jumlah jam yang kita masukkan dalam aplikasi pendataan bagian pembagian rombongan belajar.

2. JJM KTSP adalah Jumlah Jam Mengajar kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Jam mengajar dihitung sesuai dengan batasan maksimal kurikulum KTSP.

3. JJM Linier adalah Jam Mengajar yang dibatasi KTSP, yang dihitung sesuai dengan kode sertifikasi yang dimilikinya. (Contoh: Guru Sertifikasi Bidang Studinya Guru Penjas, tetapi mengajar Guru Kelas, itu di P2TK Dikdas tidak dihitung jam mengajarnya atau 0).



Kebanyakan permasalahan terkait JJM Linier yaitu, saat di cek di P2TK JJM Liniernya 0 (nol), itu bisa terjadi karena guru atau PTK yang bersangkutan belum sertifikasi, sehingga data nomor 17 yaitu Kode Bidang Studi Sertifikasi fatal, dan JJM Linier pun juga akan 0 (nol).
Untuk Kepala Sekolah, mendapatkan JJM Linier 18 dari tugas tambahan sebagai sebagai Kepala Sekolah. Agar JJM Liniernya minimal 24 sebagai syarat mendapat Tunjangan Sertifikasi, 6 Jam tambahannya ditambahkan dari mengajar sesuai kode sertifikasinya. Misalnya jika guru kelas, maka tambahan 6 jam itu adalah 2 Jam di kelas IV, V, dan VI yang diisikan di pembagian rombongan belajar pada Aplikasi Pendataan Dapodik

Sumber: http://www.sekolahdasar.net/2013/03/apa-itu-jjm-jjm-ktsp-dan-jjm-linier-di.html

183 komentar:

  1. SAYA ADALAH OPERATOR DI SEKOLAH KAMI SMP.YANG MENJADI KENDALA ADALAH GURU YANG MENGAJAR IPA TERPADU DAN IPS TERPADU JJM LINIERNYA 0,PADAHAL PTK TERSEBUT SUDAH SERTIFIKASI.DAN KODE SERTIFIKASI MEREKA LINIER.TOLONG BERIKAN SOLUSINYA.TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam linier adalah jam berdasarkan KTSP yang menjadi acuan pemberian tunjangan, Jika IPA dan IPS terpadu tidak bisa dijadikan jam linier, kecuali Kode bidang studi sertifikasinya minimal 24 jam. Solusi... cukupi jam mengajar sesuai bidang sertifikasinya di dapodik. smoga bermanfaat

      Hapus
  2. pioint 17 sk sertifikasi sudah ok, tp no 20 jjm 0
    di kolom jjm, jjm 24,jjm ktsp 24 jjm linier 0...apa masalahnya ya? guru tsb mengajar kls 4
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam mengajar linier artinya jam yang sesuai dengan kode sertifikasinya, jika guru kelas maka pada rombongan mengajar harus diinput dengan memilih guru kelas, coba cek kembali aplikasi dapodiknya.... ingat bagi guru yang belum bersertifikasi...otomatis jam mengajar liniernya 0 (nol)
      Smoga bermanfaat..!!!

      Hapus
  3. bagaimana nih kode sertifikasi belum valid-valid juga padahal sudah lengak data nya....tolong jelaskan lagi pa soal sertivikasi di atas????

    BalasHapus
  4. Pada data Dapodik sekolah bagian ptk ada kolom "sertifikasi jabatan" dipilih "sudah" jika sudah bersertifikasi, nomor sertifikasi dan tahun lulusnya.

    BalasHapus
  5. Saya Operator sekolah, data sekolah yg ada di aplikasi sudah di update akan tetapi setelah dilihat di P2TKDIKDAS data belum terUpdate, data masih data lama, per apa P2TKDIKDAS itu mengUpdate, saya di pojokkan oleh para guru kalau saya gak mengirim data padaha sudah saya kirim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek pada link di bawah ini, tanggal berapa pengiriman terakhir.
      INFO PENDATAAN

      Hapus
  6. bagaimana kalau JJM KTSP nya 0 tapi di tugas tambahan ada 18
    kalau di JJM dan JJM linier itu sudah betul
    apa perlu di perbaiki lagi?
    kalau perlu diperbaiki lagi bagai mana caranya?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka dapodik bagian ptk - ubah rincian - pilih nama ptk - klik tugas tambahan dan berikan jam yang sesuai.

      Hapus
  7. Salam operator pak...
    Saya mengalami masalah di Kode Bidang Studi Sertifkasi Tahun 2008 kode mapel TIK yaitu 523 dan kode mapel yg sekarang 224.
    jadi mengakibatkan tidak sesuai JJM nya... mohon pencerahan...
    kalau bisa di rubah secara manual...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa input data anda pada rombongan belajar, sudah sesuai apa tidak, kemudian buka bagian ptk tepatnya pada kolom sertifikasi jbtn,isi sesuai dengan keadaan.. bila hal ini tidak bisa, coba hub. dinas pendidikan kab. setempat.

      Hapus
  8. Salam Pak. di sekolah saya ada guru yg mengajar kelas 6 dg JJM 21 jam, kemudian untuk memenuhi 24 jam beliau mengajar muatan lokal potensi daerah (membatik) di kelas 4 dan 5 masing2 2 jam. Jika sertifikasinya guru kelas, apakah jam mengajar muatan lokal potensi daerah tidak masuk jam linier? soalnya meskipun total JJM 25, di JJM Linier cuma 21.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika guru kelas, pastikan bahwa jam mengajar di kelas 6 minimal 24 jam jika tidak, di P2tk tidak akan terpenuhi jam liniernya, namanya saja guru kelas sesuai KTSP JJM maks. 32 jam di kelas itu. Ubah didapodik pada rombongan belajar bahwa guru kelas jangan dibawah 24 jam. Demikian semoga terbantu...

      Hapus
  9. aslm, pak jumlah jjm saya belum sesuai, saya mengajar di dua sekolah smp dan smk, pertanyaannya bagaimana caranya menggabungkan jam smp dan smk di dapodik agar jjm saya cukup 24 jam.. pertnyaan kedua mgp status nuptk saya tidak valid,"warming kode nuptk salah input didapodik.. trims sblmnya (efriwan)

    BalasHapus
  10. salam pak, saya guru smp kecil hanya 3 rombel jadi untuk memenuhi jjm saya gunakan jam mengajar di smk, tetapi saya kesulitan me entri data smk di dapodik dikdas sehingga total jjm saya verivikasi terakhir belum sesuai, gmn pak solusinya.. trims sblmnya.
    .

    BalasHapus
  11. Jika anda telah bersertifikasi, silahkan bawa persyaratan di bawah ini ke opertor dinas kab.setempat dan bisa diinput langsung di sana.
    1. surat keterangan dari kepala sekolah di luar dikdas tempat guru tersebut mengajar
    2. Jadwal mengajar pada sekolah di luar dikdas tempat guru tersebut mengajar
    3. Surat penugasan mengajar dari kepala sekolah di luar dikdas tempat guru tersebut mengajar
    4. Sertifikat pendidik

    BalasHapus
  12. Pak teman saya yg belum sertifikasi kok nama sekolah tempat tugasnya gak muncul, gimana ya? mohon solusinya

    BalasHapus
  13. Pak,, apakah jjm linearnya harus 24 jam untuk guru kelas ??
    karena setelah dikurangi dengan guru bidang studi yang lain masih tersisa 32 jam ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Input JJM di dapodik untuk guru kelas minimal 24 jam, boleh lebih tapi sesuaikan dengan KTSP

      Hapus
  14. Pak,, apakah jjm linearnya harus 24 jam untuk guru kelas ??
    karena setelah dikurangi dengan guru bidang studi yang lain masih tersisa 32 jam ??

    BalasHapus
  15. Pak, mohon bantuannya. jjm saya 28 dan jjm ktsp 24 dan saya bingung untuk mengisi jjm linear yang masih 0 ... mohon info cara pengisian data dapodik supaya jjm linear terisi 24 terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda sudah bersertifikasi, input JJM minimal 24 utk gr kelas pada rombongan mengajar, bagi yng blm bersertifikasi pasti jjm 0 (nol)

      Hapus
  16. Pa, kepala sekolah di SD kami bersertifikat Bhs Indonesia, saya telah memasukan PKn dari kls 4-6 denngan rincian masing-masing 2 jam, tapi nol di JJM Linear, sehingga belum mendapatkan sertifikat tunjangan profesi, kira-kira mata pelajaran apa yang linear untuk kepsek kami, mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Input Pelajaran yang sesuai dengan kode sertifikasianya, di kelas 4-6, jika BI, pada rombongan belajar harus diinput BI dan pada tugas tambahan, input 18 jam.

      Hapus
  17. salam pak, mohon dibantu,,saya sudah sertifikasi dan datanya sudah valid, saya mengajar 24 jam sebanyak 6 rombel d mata pelajaran bahasa Inggris, namun d total jam mengajar belum valid dan hasilnya tetap
    0?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya pengecekan JJM di CEK VERIFIKASI dalam minggu-minggu ini agak error, ada beberapa orang kadang di CEK VERIFIKASI JJM 0 tapi Info SK Tunjangan OK.
      Coba cek
      DI SINI

      Hapus
  18. mohon petunjjuk,, Pak kalo punya saya sudah pas semua baik kode sertifikasi maupun jam mengajar Tapi jam Linear Tetap Kosong,,, Mohon Pencerahan.

    SAHRUL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Sahrul, Bapak Kepsek atau Guru Kelas/mata pelajaran..??? Jika guru kelas input pada rombongan belajar minimal 24 jam untuk guru kelas, jika guru mata pelajaran input jjm sesuai dengan kode sertifikasinya min 24 jm, jika kepala sekolah sertifikasinya guru kelas cek DI SINI

      Hapus
  19. Pa kalau tugas tambahan kepala perpustakaan bisa nggak untuk guru TKS? atau hanya untuk guru PNS saja? Apa tugas tambahan untuk guru TKS sehingga JJM nya bisa 24 jam? supaya dapat tunjangan fungsional.Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga untuk Guru Tetap Yayasan (GTY) perhitungan untuk Kepala Perpustakaan adalah dihitung jam wajib mengajarnya 12 jm dan ekwivalensinya adalah 12 jam
      (Dirjen PMPTK Pedoman Penghitungan Beban Mengajar Guru, 10-2008)

      Hapus
  20. Mohon penjelasan tentang comment ini letak kesalahan dan mana yang perlu direvisi, terimakasih :

    * Dari total 24 jam linier terdapat 24 jam di rombel tak wajar. Jam tsb tidak akan diambil untuk tunjangan profesi. Untuk keterangan, klik icon info.* PTK bersangkutan telah memenuhi syarat untuk menerima Tunjangan Profesi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhn dijelaskan kode sertifikasinya bapak, dan dimana komen ini dapat, dicek verifikasi data guru atau di Direktorat P2TK Dikdas?

      Hapus
    2. saya hanya operator bapak,
      itu bisa di cek melalui http://223.27.144.195/info.php

      Hapus
  21. Bagaimana dengan JJm linier gru penjas, semuanya brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Di KTSP 4 jam perminggu untuk 1 rombel, jika 6 rombel maka 6x4 = 24 jm, untuk jjm linier minimal 24 jam

      Hapus
  22. pak tolong info batas max jjm per_kelas per_minggunya mulai kelas 1-6
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Kls 1 26 jjm
      Untuk Kls 2 27 jjm
      Untuk Kls 3 28 jjm
      Untuk Kls 4-6 yaitu 32 jjm + 2 jam pengembangan diri = 34
      Sumber: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH (2006:10)

      Hapus
    2. Info balasan komen di atas adalah batas minimal, silahkan atur di sekolah masing-masing...

      Hapus
  23. Mohon penjelasan maksud comment, dmn letak kesalahan dan mana yang perlu direvisi? Maturnuwun. Dari total 25 jam linier terdapat 25 jam di rombel tak wajar. Jam tsb tidak akan diambil untuk tunjangan profesi. Untuk keterangan, klik icon info.* PTK bersangkutan telah memenuhi syarat untuk menerima Tunjangan Profesi .Kode sertifikasi 156. Comen saya peroleh dari hasil verifikasi cek data guru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda telah bersertifikasi kemungkinan jam yang tak wajar itu melebihi jam KTSP... untuk jelasnya cek saja tunjangannya DI SINI

      Hapus
  24. Bagaimana bpk, dalam KTSP yang ada mapel IPA dan IPS sementara ada guru yang disertifikasi geografi,sejarah,ekonomi,biologi,fisika

    BalasHapus
  25. bagaimana pak JJM guru sertifikasi mapel geografi,biologi pada SMP, sementara dalam KTSP SMP JJM hanya untuk mapel IPS dan IPA ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas JJM linier akan terhitung jika jjm minimal 24 jam dalam seminggu sesuai dengan mapel sertifikasi. Jika anda bersertifikasi geografi maka jam geografinya minimal 24 jam/mgg

      Hapus
  26. tolong rincikan guru bahasa inggris sd agar memenuhi 24 jam, karena saya selaku OP tak enak sama guru tersebut.trims infonya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sertifikasi Guru SD itu hanya berkode 027 (Guru Kelas), Guru kelas ini yang bisa memenuhi minimal 24 jam seminggu, Kalu guru bahasa inggris pada KTSP minimal 2jam dalam seminggu utk 1 rombel. Klau enam rombel berarti 2 x 6 = 12 jam dalam seminggu, kecuali mempunyai 12 rombongan belajar baru bisa terpenuhi

      Hapus
  27. Met Sore Bapak, mohon petunjuk untuk JJM KTSP TIK SMP kode sertifikasi 224 berapa jam perkelas,Kami lihat hasil pendataan cek verifikasi data guru jam KTSP TIK 0 ? Maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. JJM untuk TIK SMP adalah masing-masing 2 jm pada setiap kelas perminggu
      Sumber: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH (11:2006))

      Hapus
  28. Met malam pak, mohon petunjuk JJM yang sesuai untuk kelas 4, 5 dan 6 SD yang sesuai dengan KTSP,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca pada balasan komentar tanggal 22 April 2013 da atas.

      Hapus
  29. pada tampilan verifikasi PTK saya tidak ada no 17 ( kode bidang sertifikasi ), dari no 16 langsung ke no 18, mengapa bisa terjadi demikian pak, mohon penjelasannya, trmkasih

    BalasHapus
  30. saya operator di SD... di SD saya semuanya dah valin..dan dibawah sudah tertulis memenuhi syarat sertifikasi,,namun rincian jam mengajar tidak normal... apa ada pengaruhnya untuk penerbitan SKTP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek SK yang diterima dari Kabupaten setempat, Jika Jumlah tunjangan tidak sesuai lengkapi data dapodik pada ubah rincian PTK, lengkapnya baca DISINI

      Hapus
    2. Pemanfaatan Data Dapodik Untuk Penerbitan SK Tunjangan klik DI SINI

      Hapus
  31. Pa saya sudah upload semester 2 pada tgl 20 april 2013, dan sekalian dengan pembetulan jjm yang kepsek, saya cek lagi di verifikasi data dan alhamdulilah sekarang telah 24 jam dan ada tulisan telah berhak mendapatkan tunjangan profesi, tapi saya cek di P2TK Dikdas kok belum ada SK nya pa? apa saya harus mengulang mengupload data untuk semester 1 ? Mohon bantuanya, terima kasih
    (Dafina)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek DISINI Pada bagian posting paling bawah "CATATAN ..... PENTING !!!!"

      Hapus
    2. Pemanfaatan Data Dapodik Untuk Penerbitan SK Tunjangan klik DI SINI

      Hapus
  32. Pa kalau masa kerja dan gaji pokok tidak sesuai, saya harus membetulkannya di mana? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkapi data dapodik pada PTK terutama pengisian No. SK KGB (Kenaikan Gaji Berkala) dst... Kemuadian lengkapi juga PTK pada ubah rincian.

      Hapus
  33. Pa kalau untuk kode sertifikasi 061, kepsek kami harus mengampu pelajaran apa? saya telah isi dengan bhs indonesia ternyata tidak linear.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kode 061 salah untuk Bidang Studi Bahasa Indonesia
      Untuk Kode Sertifikasi baca DI SINI
      Jika kepala sekolah SD baca DI SINI
      dan di dapodik bagian PTK pada ubah rincian tambahkan tugas tambahan kepala sekolah 18 jam.

      Hapus
    2. Pemanfaatan Data Dapodik Untuk Penerbitan SK Tunjangan klik DI SINI

      Hapus
  34. Pa di sekolah kami ada guru sukwan dan tidak memperoleh tunjangan fungsional karena tidak memenuhi 24 jam, kalau saya membagi kls 6 menjadi 2 rombel bisa tidak ya, oh ya kls 6 jmlah siswanya 32 orang. ma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acuan jelasnya tentang jumlah pserta didik minimal dalam satu kelas belum saya dapatkan .. namun pada sekolah lain pemecahan rombel dilakukan jika melebihi 40 orang dan sarana ruang kelas tersedia. Bukan dipecah lantas masuk siang..dan pada dapodik juga harus diinput tambahan sarana jika rombel di pecah sebagai syarat tempat belajar rombel hasil pemecahan itu. Demikian semoga terbantu

      Hapus
  35. Pa apakah untuk memperoleh tunjangan fungsional itu harus memiliki pendidikan minimal s1 ?

    BalasHapus
  36. Pa untuk mendapatkan tunjangan kualifikasi pendidikan dimana saya harus menulisnya, dan apakah kalau kuliahnya di universitas swasta bisa ikutan? terus kalau mengisi datanya sekarang bisa tidak ya? apa gak ketinggalan? maaf ya pa pertanyaan saya banyak, abis guru di sekolah gak ada yang tahu jawabannya. makasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam mengajar mininmal 24 dan harus linier artinya bisa menjadi guru kelas dan masih dalam kuliah...."entar deh kita posting JJM Yang sesuai utk dapat tunjangan kualifikasi" sabar dulu yaa... saya ada sedang pelatihan PK Guru...

      Hapus
  37. Assalamualaikum, pa pada tgl 24 april saya telah menguploadkan data semester 2, dan masih cek konversi, setelah saya lihat ternyata masih ada kesalahan dan saya menguploadkan kembali pada tgl 28 april setelah saya perbaiki, apakah datanya akan bertumpang tindih pa, apakah masalah kalau saya menguploadkan data berulang-ulang? mohon penjelasannya ya pa, terima kasih.

    BalasHapus
  38. Berapankalipun kita kerim ke server tidak ada masalah,..namun sebaiknya lengkapi dulu datanya supaya tidak terlalu lama menunggu untuk berhasil diproses.....

    BalasHapus
  39. kenapa kenapa data saya, kolom 17 (kode sertifikasi) tidak ada. jd kolom 16 langsung kolom 18. tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang sudah bersertifikasi kolom 17 ada pada informasi detail pada status kelulusan sertifikasi yang berada pada barisan bawah info data PTK

      Hapus
  40. Pa, saya mengajar bahasa inggris di 2 sekolah dasar, saya juga bertugas sebagai operator tapi saya bingung bagaimana memasukkan jjjm saya. apakah hanya di satu sekolah saja atau data saya harus dimasukan di 2 sekolah dasar tesebut. saapabila digabungkan saya mengajar lebih dari 10 rombel. Mohon penjelasannya Pak. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak, untuk Kepala Sekolah SD yang sertifikatnya Bahasa Indonesia, cara pmbagian jjmnya gimana? Klo misalkan diambil 2 jam dari klas 4 5 6 apa bisa linear? terimakasih

      Hapus
    2. Masukkan di 2 sekolah, nanti Nuptk yang menjadikan satu..

      Hapus
    3. Untuk Kepala sekolah yang bersertifikasi BI,masukkan di satu kelas saja yang memungkinkan jamnya 6 jam sminggu,kemudian di tugas tambahan pada ubah rincian tambahkan 18 jam jika dimasukkan dikls 4,5,6 dengan masing-masing 2 jam, tidak mungkin ada 2 guru BI di satu rombongan belajar di SD. masak mau rebutan sama guru kelas ...

      Hapus
    4. Jam bahasa Indonesia kan cm 5 jam pak, trus yg 1 jam d ambil drmana?Klo d ambil 5 jam brarti mmpngaruhi jjm guru klas.

      Hapus
    5. Input saja 6 jam biar jjmnya 24, kemudian cek profil sekolah

      Hapus
  41. Pak..., JJM yang dimasukkan pada aplikasi dapodik Semester 2 saja ato semster 1 dan 2?Saya cek data kok ada sekolah yang JJMnya semester 2 saja dan ada yang semester 1 dan 2.Maturnuwun.

    BalasHapus
  42. pak... saya mengajar bahasa inggris SD sebanyak 10 rombel dan saya juga bertugas sebagai kepala tata usaha ,apakah itu bisa memenuhi jjm yang 24 jam,supaya bisa mendapat tunjangan profesi.mohon penjelasannya pak.. terima kasih

    BalasHapus
  43. Pak,sekolah kami SMP Negeri. Bagaimana dgn guru yang mengajar mata pelajaran sama di rombel yg sama apakah boleh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi guru yang telah bersertivikasi, sepertinya tidak akan pernah linier jjmnya...lebih baik mengajar pada robel yang berbeda

      Hapus
  44. Pak, untuk kepala sekolah SD dengan sertifikasi kode 061 harus mengisi mata pelajaran apa?

    BalasHapus
  45. Pak, di SMP kami ada seorang guru sertifikasi sejarah mengajar IPS di rombel. data mengajar di rombel di aplikasi dapodik sdh terisi dgn lengkap, namun setelah data dikirim dan diprose P2TK hasilnya JJM liniernya kosong, yg ada hanya JJM Tugas Tambahan Wakil Kepsek 12 jam. Mengapa ini bisa terjadi ? Mohon jawab Pak.

    BalasHapus
  46. Coba input jam mengajar sesuai kode sertifikasinya, kalau IPS jjm/minggu sesuai KTSP adalah 4 jam/rombongan belajar. Untuk lebih lengkap klik DI SINI

    BalasHapus
  47. Jika kondisi di lapangan (pelaksanaan) JJM mengajar 5, KTSP 4, apa diperbolehkan untuk memasukkan JJM mengajarnya 4 jam? Maturnuwun.

    BalasHapus
  48. ass. wr.wb..
    klo update terakhir yang di kirim gak bisa muncul gimana pak solusinya ????
    ini teman di sekolah yang g bisa muncul update terakhir pengirimannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek DI SINI
      Tanggal berapa pengiriman terakhir, jika masih cek konversi berarti data anda yang terbaru masih dalam proses

      Hapus
  49. Mohon bantuannya. Seorang guru honorer di sekolah kami (negeri) mengajar Kelas 2 SD ingin mengajukan tunjangan fungsional. Pada menu dapodik, rombel kami masukkan guru kelas (ybs) 24jjm; agama 3jjm; pjok 2jjm; dan mulok 2jjm, total 31jjm. Setelah menunggu pemrosesan, jjm guru tsb tetap masih 0. Bagaimana solusinya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tahu dari rekan-rekan yang dapt TF adalah pada rombongan belajar diinput guru kelas dengan jam min 24 jjm

      Hapus
  50. Assalamu Alaikum Wr. Wb.
    Pa' saya minta petunjuk langkah apa yg sebaiknya dilakukan.
    Kakak saya sudah bersertifikat kode 027 tahun 2009 waktu itu masih mengajar di SD, namun tahun 2010 terangkat jadi guru di smp dan mengajar mata pelajaran IPA (Biologi), sehingga JJM liniernya jadi nol/belum sesuai, mohon petunjuk Bapak langkah apa yang harus dilakukan?, apa harus mengikuti sertifikasi kembali sesuai mata pelajarannya atau mungkin ada solusi yang lebih baik,... terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan datang ke dinas pendidikan terkait karena harus di rubah kode sertifikasinya yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu

      Hapus
    2. Maaf pak, mau tanya lagi bagaimana prosedur perubahan kode sertifikasi dan dokumen apa saja yang disiapkan?, soalnya sudah ke dinas pendidikan namun mereka bilang mereka juga tidak tau bgmn cara merubahnya... terima kasih atas jawabannya Pak.

      Hapus
  51. Pak Kairil Amri Yth.
    apakah diperhitungkan seorang guru yang kekurangan jjm mengajar di suatu smp mengajar di sekolah lain jenjang sma yang tidak sekota/sekabupaten

    BalasHapus
    Balasan
    1. COBA TANYA ONLINE DI SINI
      ATAU KOORDINASI DENGAN DINAS KAB. SETEMPAT

      Hapus
  52. Pak Khairil Yth.
    saya sebagai Wks. Kurikulum, di tempat tugas saya smp seorang guru sudah sertifikasi mata pelajaran geografi, jjm 12 jam, di dapodik diakui jjmnya 12 JAM KTSP 0 jam linear 12 jam, apakah guru tersebut tidak bisa sertifikasi di smp atau harus pindah ke sma . mohon penjelasannya. (achmadi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. INPUT PADA ROMBONGAN BELAJAR JJM SESUAI KODE SERTIFIKASI DAN TAMBAHAN 12 JM PADA TUGAS TAMBAHAN SBG WAKIL KEPSEK PADA UBAH RINCIAN PTK... S'MOGA BERMANFAAT ..

      Hapus
  53. Saya Novi, guru TIK SD yang sudah terlanjur ikut PLPG kelompok guru kelas SD dan sudah mengantongi sertifikat pendidik sebagai guru kelas SD. Di dapodik, selamanya data saya tidak akan valid karena saya tidak punya rombel meskipun saya mengajar TIK SD kelas 1-6 32 jam seminggu. Tragis memang, saya sudah tidak bisa mendapat tunjangan fungsional, tunjangan profesi pun saya tidak akan pernah menerima, kecuali saya punya rombel dan menjadi wali kelas. Betul tidak Pak?

    BalasHapus
  54. Saya Novi, guru TIK SD yang sudah terlanjur ikut PLPG kelompok guru kelas SD dan sudah mengantongi sertifikat pendidik sebagai guru kelas SD. Di dapodik, selamanya data saya tidak akan valid karena saya tidak punya rombel meskipun saya mengajar TIK SD kelas 1-6 32 jam seminggu. Tragis memang, saya sudah tidak bisa mendapat tunjangan fungsional, tunjangan profesi pun saya tidak akan pernah menerima, kecuali saya punya rombel dan menjadi wali kelas. Betul tidak Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, memamng betul, ibu harus menjadi guru kelas dengn jjm seminggu minimal 24 jam.

      Hapus
  55. Saya Novi guru TIK SD yang tadi Pak. Lantas, bagaimana supaya saya bisa mendapatkan lagi tunjangan fungsionalnya?

    BalasHapus
  56. Mohon penjelasan Pak Khairil :Si A mengajar di sekolah X yang JJMx lebih sedikit dibandingkan ditempat Y.setelah dicek SK TPP Si A datax bertempat tugas di sekolah X, tetapi SK TPPx tempat tugas di sekolah Y. Apa yang menjadi kriteria penentuan tempat tugas Data Guru dan tempat tugas SK TPP. Maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Ibu,...coba di cek pada dapodik bagian ptk...ubah rincian..riwayat terdaftar..."

      Hapus
  57. Pa jam saya 24 linear tpi dalam rincia ada yang tidak normal padahal data saya benar dimana letak kesalahannya apa jumlah ktspny. dikosongkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kirim via email data anda, karena saya blm ngerti betul maksud bila tidak melihat verifikasi jjmnya ...

      Hapus
    2. TEMPAT YANG TIDAK NORMAL ITU, KARENA JJM MELEBIHI JJM ACUAN KTSP

      Hapus
  58. pak saya operator sekolah., guru bahasa inggris di SD kami mengajar 20 jam agar memenuhi 24 jam saya buat tugas tambahan sebagai kepala perpustakaan, setelah saya kirim datanya ternyata jjm masih tetap 20 jam,mohon penjelasannya pak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. TANYA JAWAB DENGAN PEJABAT KEMENDIKNAS PERIHAL DAPODIK
      Tanya : tugas tambahan kepala sekolah berapa jam dan tugas tambahan apa saja yang diakui diSD!!! apakah bendahara masuk dlm tugas tambahan di SD kna utk SK bendahara jelas ada???
      Jawab : tugas tambahan yang diakui oleh SD hanya Kepala Sekolah yaitu 18 jam yg lain tidak,,,utk bendahara selama ini belum ada kabar yang jelas tp hasil keputusan sekarang utk bendahara tidak diakui,,,,
      Sumbernya: di sini

      Hapus
  59. Mohon solusi, jika guru ( 3 mapel) SMP JJMnya tidak normal karena jumlah guru terlalu banyak, apa bisa memecah rombel?Satu rombel terdiri dari 38 siswa, jika 2 rombel dipecah jadi 2 apa diperbolehkan?Apa ada dasar hukumnya. Maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibolehkan asal ruang kelas ada...karena menurut acuan PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA
      NOMOR 41 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH selengkapnya DI SINI

      Hapus
  60. mau tanya pak saya guru penjas sd negeri ,saya belum bersertifikasi data saya didapodik di rombel jam mengajar satu SD 21 jam dan saya mencari rangkapan di SD lain 3 jam mengajar PENJAS juga, data di SD rangkapan juga sudah di masukan didapodik tsb, setelah saya cek di verivikasi guru di no 20 kenapa total jam mengajar sesuai 0 status blm sesuai padahal di rincian jam mengajar jmlh JJM 24 ,JJM KTSP 28,JJM Liner 0 ,
    gimana agar jjm linier dpt terisi ????? dan satu lagi kenapa pada no 17 di verivikasi saya gak muncul ??? trimakasih

    BalasHapus
  61. Jam mengajar linier artinya jam yang sesuai dengan kode sertifikasinya, jika guru penjas maka pada rombongan mengajar harus diinput dengan memilih guru penjas dan jjm 24 jam/minggu, coba cek kembali aplikasi dapodiknya.... ingat bagi guru yang belum bersertifikasi...otomatis jam mengajar liniernya 0 (nol)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya thank s banget jd saya sedikit lega ,masalahnya guru2 sangat menekan sya termasuk kepala sekolah adanya jjm linier yg masih 0 pada guru2 yg belum sertivikasi ,trimakasih infonya

      Hapus
  62. untuk guru BK smp bgm mengisinya Pak??jika diisi sesuai rumus menghitung jml siswa apa boleh melebihi jam total ktsp (36 jam )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak boleh melebihi jam dari acuan KTSP

      Hapus
  63. Mohon solusi, Seorang guru mengajar di SMP Negeri (sebagai sekolah induk) dan SMP Terbuka (dalam satu lokasi/ satu atap), sehingga JJMnya di entry SMP Negeri dan SMP Terbuka,tetapi setelah dicek datanya hanya muncul JJMnya di satu sekolah. Maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba input SMP terbukanya pada ptk ubah rincian tepatnya pada riwayat terdaftar... input nama smp terbukanya..kemudian pilih bukan sekolah induk ...smoga terbantu

      Hapus
  64. pak saya nemui kesulitan lg masalah masa kerja kebetulan guru bukan PNS padahal saya sudah menulis TMT nya ,SK PENGANGKATAN nya contoh tgl sk pengangkatan 21/08/2004 tp masa kerja 6 thn hrs nya kan 8thn mohon solusinya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba input juga di ptk ubah rincian pada riwayat kepangkatan

      Hapus
  65. Pa' saya matu tanya.Di Dapodik data sudah valid smua.Tp di Internet SK Info saya kok belum keluar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya akan keluar jika pengiriman terakhir dapodiknya jika status sudah berhasil diproses.
      Coba cek DI SINI

      cara cek yaitu: * Klik tanda '+' untuk melihat data yang lebih detail.

      Hapus
  66. pak,saya guru penjas sd. 18 jm di induk dan 6 jm di bukan induk. bagai mana agar di ptk terpenuhi 24 jam. ketika saya buka ptk yang muncul hanya di sekolah bukan induk. mhon pencerahannya trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimaksih sebelumya pak.. kalau di input 4 jam setiap rombel bagai mana untuk guru kelasnya pak

      Hapus
    2. Untuk guru kelas 1-3 jangan lebih jjmnya dari 32 jm dan 4-6 maks 36 jjm

      Hapus
    3. trimaksih pak amri,,

      Hapus
  67. Pastikan anda telah menginput sekolah induk dan bukan sekolah induk pada ptk ubah rincian tepatnya di riwayat terdaftar, jika ini telah dilakukan dan masih seperti biasa...input saja 4 jam pada setiap rombel pada sekolah induk .... smoga terbantu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cek ptk sudah valid namun SKTPG belum valid. sekolah belum mengirim semester II pada data dapodik. bagaimana itu pak amri apa ada pengaruh dari SKTPG.

      Hapus
  68. Pak, saya ingin bertanya... Bagaimana dan dimana cara memasukkan JJM Linier guru Mapel PAI yng masih 0??Sedangkan JJMnya 27 dan JJM KTSP 21...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk guru PAI jjm KTSP adalah 3 jm/rombongan belajar, Kepala sekolah bersertifikasi PAI jjm wajib 6 jam/minggu dan Tugas tambahan kepala sekolah adalah 18 jam/minggu. Guru PAI atau Kepala sekolah bersertifikasi PAI harus berkoordinasi dengan Kemenag setempat bila terkait dengan tunjangan.Bidang studi PAI akan linier bila mengajar pada 8 rombongan belajar karena 3 jm KTSP x 8 rombel = 24 jjm
      sekian ... smoga terbantu ..

      Hapus
  69. Bagaimana nasib guru TIK SD yang sudah terlanjur ikut sertifikasi guru kelas SD dan terbentur pada dapodik karena JJM tidak linear sehingga uang TP tidak cair? Apakah kolom sertifikasi diisi belum sertifikasi supaya mendapatkan lagi tunjangan fungsionalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memungkinkan buat rombel lagi agar menjadi guru kelas, ingat... siswa maksimal 28 dan ruang kelas ada dan diinput pada sarana...

      Hapus
  70. pak..muatan lokal Bahasa Inggris di SD untuk tahun ajaran 2013/2014 bisa diinput mulai dari kelas berapa ?..selama ini saya mengajar dari kelas 1 - VI sebanyak 24 jam....apakah untuk tahun ajaran baru masih bisa diberlakukan dari kelas I - VI atau ada perubahan ? trims..

    BalasHapus
  71. Tanya pak kepsek saya kode sertifikasi guru kelas SD/MI. utk di rombel kls 4, 5, 6 saya juga tulis guru kelas SD/MI sesuai kode sertifikasinya masing-masing dua jam-dua jam. Tp pas saya cek ternyata tidak normal dengan keterangan satu kelas ada 2 guru kelas sehingga kelebihan jam. Solusinya bagaimana pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. JJM per rombel jangan melebihi acuan JJM KTSP supaya menjadi Normal

      Hapus
  72. pak mulyono 29 jam (guru kelas 4)
    pak rusno 2 jam (kepsek dg kode sertifikasi guru kelas)
    pak bambang 3jam (guru PAI)
    pak dwi guswoyo 4jam (guru PENJAS)
    kalau ini dianggap kelebihan jam mengajar yang mana yang harus dikurangi rombel kelas 4 SD?terima kasih

    BalasHapus
  73. Kurangi 4 jm Pak Mulyono agar menjadi 34 jm semuanya

    BalasHapus
  74. pak Amri,saya sertifikasi th 2008 mapel seni,budaya dan keterampilan kode 104,mengajar keterampilan kode 227 dg jml jm 24,jjm linier 0, sy sudah konsultasi ke Dinas Pend, kab, 4 kali,pada poin 17 mapel sertivikasi sudah disesuaikan dg konfersi keterampilan kode 227,namun hasil akhir jjm linier 0 jjm sesuai tetap 0,bagaimana solusinya Pak saya sdh pusing stres

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kirimkan nuptknya dan NIP via email supaya saya bisa cek langsung dimana kesalahannya

      Hapus
  75. mohon kami diberi email pak Amri untuk mengirim nuptk dan nip saya, sebelumnya saya perkenalkan nama saya hadi sucipto,dan saya ucapkan banyak trimakasih

    BalasHapus
  76. selamat pagi pak, saya operator Sd sekaligus guru kelas 4, di SD kami hanya memiliki 6 PTK, 3 Guru PNS 3 Guru Honorer,sya bingung untuk mengisi jam mengajar karena tidak ada guru PAI dan PENJAS, bagaimana cara mengatur jam nya? karena hanya memiliki 6 PTK, kepala sekolah saya masukan menjadi Guru kelas 1, dan yg lainnya guru kelas 2-6 sekaligus Guru PAI dan PENJAS, setelah saya kirim ke server hanya kepala sekolah saja yang Valid, untuk Guru kelas yang lainnya jam Linear masih Nol (0), bagaimana mengatasi hal tersebut,, mohon solusinya, Terima kasih,.

    BalasHapus
  77. Bagi guru yang belum sertifikasi otomatis jjm 0, jika guru sudah bersertifikasi input data sesuai dengan kode sertifikasinya,jika guru kelas, input guru kelas dengan jjm minimal 24 jam, untuk PAI dan penjas silahkan minta tambahan PTK PNS/HONOR karena PAI dan Penjas kode sertifkasinya berbeda.

    BalasHapus
  78. pak,tolong bantuannya. saya mengisi kepala sekolah dengan sertifikasi muatan lokal bahasa daerah, tugas tambahan sudah di isi 18 jam, jam mengajar di kls 4-6 selama 2 jam. tapi yg muncul hanya kls 4 & 5. jjm KTSP nya pun 0, hanya di tgs tambahan yg 18. solusinya gmn ya pak?.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba jelaskan kode sertifikasi kepala sekolahnya dan tahun mulai sertifikasi ...!!!

      Hapus
    2. pak tugas tambahan apa saja yang terhitung jam nya untuk sertifikasi? kalau kepala lab dalam satu sekolah bisakah lebih dari satu,misal lab seni, lab kamputer, lab IPA.

      Hapus
  79. tanya pak untuk di sekolah kami smp pelajaran ips ada 4 guru (3 guru + 1 wakasek )jumlah rombel 17 kelas, bagaimana mengaturnya agar 4 guru tersebut adil tidak dirugiakan?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guru yang sudah bersertifikasi berikan jam mengajar minimal 24 jm seminggu/di atur saja supaya linier

      Hapus
  80. Pak, saya operator di SMP, perbaikan data dapodik kami setelah proses di P2TK hasil Uploadnya tidak sesuai dgn data saat pengiriman. Sebagian benar dan sebagian tidak. Bagaimana ini, tolong jawab Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kirimkan saya via email NUPTK + NIPnya ...entar saya bantu ...biar jelas masalahnya

      Hapus
  81. pak, saya juga operator bingung nih ada 3 guru ips yang sudah sertifikasi yang dua masing-masing sudah 24 yang satunya hanya 12, ada anggapan yang berkembang jika masih kurang seperti itu 3 guru ips tadi akan ditunda pencairan tunjangannya atau hanya yang satu yang hanya 12 jam tadi yang tertunda cair?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum paham betul ... keadaannya ...artinya 3 guru mengajar di berapa rombel .....??????

      Hapus
  82. Pak Amri, saya guru pkk sertivikasi th 2008 kode 104,ada konversi kode mapel ket. 227 namun kode sertivikasi tidak dirubah, hal ini akan bermasalah terus karena akan selalu tidak linier dg kode mapel dalam aplikasi rombel. bagaimana cara dan prosedur mengganti nomor sertifikasi dan kemana kami harus mengajukan penggantian nomor sertifikasi, atas jawabannya saya ucapkan trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maap sekarang saya bisa balas, caranya yaitu kasi saya emailnya ... biar saya biasa kasi tau infonya ... supaya langsung ke email bapak/ibu ..

      Hapus
  83. pak khairil, saya ingin bertanya :
    1) untuk memenuhi jam sertifikasi guru 24 jam seorang guru SMA mencari jam tambahan di mapel yang sama di MA, apakah jam tersebut diakui secara dapodik, mengingat ada isu bahwa hal tersebut tidak diakui jam nya karena lintas departemen?
    (2) ada seorang guru SMA memiliki ijazah S1 bhs indonesia dan S1 bhs jerman, tapi terdaftar sebgai PNS bhs indonesia dan sertifikasinya pun bhs indonesia, namun kenyataan di lapangan dia juga mengajar bhs. jerman dengan alasan untuk memenuhi 24 jam apakah hal tersebut diperbolehkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf ..kirim masalahnya ke khairilamri71@gmail.com, supaya saya bisa balas lewat email bapak/ibu

      Hapus
  84. salam dapodik

    saya mau tanya saya guru honor penjas mengajar 24 jam dari kelas 1 - 6 tetapi di jam KTSP 28 jam, apakah bsa mendapatkan tunjangan fungsional,, tq pqk

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam Dapodik

      mau tanya saya OP Sekolah SMP kenapa di Rombel di pembelajaran saya ga bisa input jumlah jam di IPS setiap tak input 4 jam muncul info tidak boleh melebihi 0 (Nol) jam gimana apa nya yang salah mohon pencerahanya?

      Terima Kasih

      Hapus
  85. Salam dapodik. pak maaf saya guru IPA, dan sedang menunggu sertifkasi keluar (saya ikut PLPG 2013), namun saya bingung dengan JJM (selama ini saya mengajar 24 jam, jumlah rombel 4 kelas, saya mengajar 12 jam di kelas 7 dan 12 jam di kelas 8, hanya masalahnya di sekolah saya jam IPA di tambah menjadi 6 jam per-pekan, KTSP hanya mengakui 4 jam per-pekan), apakah bermasalah?? mohon penjelasannya

    BalasHapus
  86. Salam dapodik. pak maaf saya guru IPA, dan sedang menunggu sertifkasi keluar (saya ikut PLPG 2013), namun saya bingung dengan JJM (selama ini saya mengajar 24 jam, jumlah rombel 4 kelas, saya mengajar 12 jam di kelas 7 dan 12 jam di kelas 8, hanya masalahnya di sekolah saya jam IPA di tambah menjadi 6 jam per-pekan, KTSP hanya mengakui 4 jam per-pekan), apakah bermasalah?? mohon penjelasannya

    BalasHapus
  87. Salam dapodik. pak maaf saya guru IPA, dan sedang menunggu sertifkasi keluar (saya ikut PLPG 2013), namun saya bingung dengan JJM (selama ini saya mengajar 24 jam, jumlah rombel 4 kelas, saya mengajar 12 jam di kelas 7 dan 12 jam di kelas 8, hanya masalahnya di sekolah saya jam IPA di tambah menjadi 6 jam per-pekan, KTSP hanya mengakui 4 jam per-pekan), apakah bermasalah?? mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. KTSP HANYA MENGAKUI 4 JAM TAMBAHAN ... SUDAH BARANG TENTU BERMASALAH YANG NANTINYA AKAN MENYEBABKAN JJM TIDAK LINIER BERAKIBAT PADA TDK KELUARNYA TUNJANGAN PROFESI ... ATUR SUPAYA JJM MINIMAL 24 JAM

      Hapus
  88. untuk kepala sekolah tambahan jam bahasa daerah kelas 4,5,6 SD tapi hasil di lapor tunjangan ptk tidak linier.......bagaimana cara memperbaikinya.... trimaksih sebelumnya.....

    BalasHapus
  89. Salam Dapodik. Saya mau bertanya masalah Jumlah Jam Linear Kepala Sekolah Pak. Kepala Sekolah di sekolah saya bidang studi sertifikasinya sebagai guru kelas, jam mengajar di kelas 6 jam yaitu kelas 4,5 dan 6 dengan mapel yang diajarkan PKn. Jam tugas tambahan 18 jam. Kenapa pada saat di cek data, Jumlah jam Linearnya 0? Mohon kesediaan Bapak memberikan penjelasan dan bagaimana caranya agar jam liner kepsek tidak kosong ? Trimakasih sebelumnya pak...

    BalasHapus
  90. Salam Operator...Salam SATU NUSA, SATU BANGSA, SATU BAHASA, SATU DATA...

    Izin Tanya Pak.. ada sedikit Gendala Dengan JJM Linier Guru Agama Islam yang bersertifikasi Tahun 2007 di mana Kode Sertifikasi 030.. sesuai dengan perubahan Kode sekarang menjadi 127... sehingga JJM Liniernya 0 bagai mana solusinya pak ?

    BalasHapus
  91. saya OPS SMP mohon pencerahan apakah jam wajib tambahan linear dengan sertfikasi guru misalnya saya menambahkan 1 jam wajib tambahan di IPA sehingga jumlahnya 5 apakah linear dengan sertfikasi

    BalasHapus
  92. Terimakasih pak... setelah saya membaca ruang tanya jawab pada blog bpk saya dapat memahami juga masalah yg dihadapi ops...

    BalasHapus
  93. Ass.....mu alaikum WB..... saya OPS SMPN 9 Mataram mo nanya ni.... , Kepala Sekolah di sekolah kami bermasalah pada JJM linier 0 padahal kode mapel sertifikasi sudah OK, Nomor peserta OK dan juga NRG pun sudah OK (sudah sesuai dengan dapodik ), beliau mengajar IPS sejarah dan kode mapel sejarah 204 tahun lulus 2007 pada SMP 16 Mataram tapi pada sertifikat tertera SMA 6 Mataram saat pengajuan sertifikasi. dari SMP 16 mutasi ke SMP 11 dan terakhir dimutasi ke SMP 9 Mataram sekolah induk sekarang. untuk jam tambahan kepsek 18 jam + 8 jam mapel IPS, seharusnya JJM liniernya 26, tapi kenapa masih saja tetap kosong ( 0 ) tolong solusi dan pencerahannya..... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'allaikumussalam, Pertama: Coba Hapus Jam kepsek semuanya dulu kkemudian ketik ulang, pastikan jjm 24 jangan kasi lebih.
      Kedua: Cek Tugas Tambahan, jika benar sudah terisi, hapus kemudian ketik lagi Ketiga: Kirim sesuai waktu yang dientukan dengan app 208. Smoga terbantu

      Hapus
  94. Ass. Mhn Maaf pak, kami guru sertifikasi nonpns yg sdh memlki inpassing sejak adanya pndataan dapodik 2013 sampai skrg tdk bs nampak di data PTK P2tk shgga kami tdk trbyar sesuai inpass sampai skrng, mhn solusinya (Guru SMP Attohiriyah Bodak Loteng NTB)

    BalasHapus

"KOMENTAR ANDA PASTI SAYA BALAS, WALAUPUN PADA WAKTU YANG TIDAK BERSAMAAN ... "